Rabu, 06 Mei 2015

Laporan Hasil Audit Manajemen Sistem Kepastian Kualitas Mutu

LAPORAN HASIL AUDIT MANAJEMEN 


PT. XYZ








Disusun Oleh:

  Nama    :
·        Hasan Akmal
·        Hastyn Haula U.


 NPM         :
·        23212349
·        23212361








FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015



Depok, 6 Mei 2015

No                   : 013/KAP/IV/2015
Lampiran          : 4 eksemplar
Perihal              : Laporan Hasil Audit Manajemen

Kepada
Yth, Direktur PT. XYZ
Di Bogor

Kami telah melakukan audit atas Manajemen Kualitas ISO 9001 paada PT XXX periode 2015. Audit ini tidak dimaksudkan untuk memberikan pendapat atas kewajaran laporan keuangan pada PT XXX. Audit ini dimaksudkan untuk menilai kinerja manajemen atas kualitas sistem yang sudah mendapatkan predikat ISO 9001. Audit ini mencakup seluruh manajemen yang berkaitan dengan sistem kualitas mutu ISO 9001, pengelolaan kualitas sistem mutu yang dilakukan dan memberikan saran perbaikan atas kelemahan sistem xkualitas mutu manajemen yang ditemukan selama audit, sehingga diharapkan di masa yang akan datang dapat dicapai perbaikan atas kekurangan tersebut dan perusahaan dapat beroperasi lebih ekonomis, efisien, dan lebih efektif dalam mencapai tujuannya.
          Hasil audit kami sajikan dalam bentuk laporan audit yang meliputi:
Bab I                      : Informasi Latar Belakang
Bab II                     : Kesimpulan Audit yang Didukung dengan Temuan Audit
Bab III                   : Rekomendasi
Bab IV                   : Ruang Lingkup Audit
          Dalam melakukan audit kami telah memperoleh banyak bantuan,dukungan, dan kerjasama dari berbagai pihak baik jajaran direksi maupun staf yang berhubungan dengan pelaksanaan audit ini. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini.


                                                                                                                        Kantor Akuntan Publik
                                                                                                              Hasan Akmal dan Hastyn Haula .U




Bab I
Informasi Latar Belakang

PT. XYZ  beralokasi Jl.Raya Jakarta-Bogor Depok Jawa Barat , Indonesia.
Tujuan didirikannya PT.XYZ adalah untuk menghasilkan solusi terbaik permasalahan yang dihadapi oleh konsumen di seluruh dunia-solusi yang dapat membawa senyuman. Beberapa produknya yaitu:
1.       Pertanian Sedangkan tujuan dilakukannya audit adalah untuk:
1.       Menilai kinerja perusahaan dengan baik sesuai dengan ISO 9001:2008
2.       Menilai Ekonomisasi,Efisiensi, dan efektivitas  perusahaan dalam penerapan ISO 9001:2008
3.       Memberikan bergbagai saran perbaikan atas kelemahan prosedur yang ditemukan.

Susunan direksi perusahaan adalah sebagai berikut:
Dewan Komisaris                              :               XXX
Direktur Utama                                 :               XXX
Wail Direktur Utama                         :               XXX
Direktur Operasional                         :               XXX
Direktur Keuangan                            :               XXX

Sedangkan tujuan dilakukan audit adalah untuk:
      1.       Menilai kemampuan perusahaan dalam mengelola sistem manajemen kepastian kualitas                          berdasarkan ISO 9001:2008.
      2.        Memberikan berbagai saran perbaikan atas kelemahan pengelolaan sistem manajemen kepastian            kualitas berdasarkan ISO 9001:2008.





Bab II
Kesimpulan Audit

Berdasarkan temuan (bukti) yang kami peroleh selama audit yang kami lakukan, kami dapat menyimpulkan sebagai berikut:

Kondisi:
1.      Perusahaan tidak dapat memenuhi kepuasan pelanggan berdasarkan persyaratan yang di berikan oleh pelanggan karena PT. XYZ telah memiliki persyaratan produk tersendiri berdasarkan standar internasional.
2.     Pada langkah kerja perusahan melakukan validasi parsial PT. XYZ tidak melakukan tindakan tersebut karena telah melakukan proses validasi sebelum penyerahan dan implementasi produk, Pada langkah kerja alat ukur dijaga.
3.      Pemantauan dan pengukuran proses PT. XYZ tidak dapat langsung menindak lanjut tindakan koreksi ketidaksesuaian jika formulir ketidaksesuaian belum mencantumkan masalah tersebut.
4.      Pada pemantauan dan pengukuran produk staff PT.XYZ tidak memiliki catatan

Kriteria:
1.      Perusahaan memenuhi persyaratan yang diberikan pelanggan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen yang akan berdampak positif.
2.      Validasi desain dan pengembangan harus dilakukan sesuai dengan pengaturan yang telah direncakan untuk memastikan produk yang dihasilkan memiliki kemampuan memenuhi  persyaratan. Bila mungkin, validasi harus diselesaikan sebelum penyerahan atau penerapan produk tersebut. 
3.      Penyegeraan dalam melakukan tindakan koreksi terhadap hasil yang tidak sesuai karena jika menunggu formulir ketidak sesuaian akan memberikan renggang waktu yang akan memberikan dampak kurang efektivitas dalam  proses produk.
4.      catatan personel yang memiliki wewenang dalam pelepasan produk seharusnya direkam secara berkala agar dapat menulusuri masalah dengan mudah jika terjadi ketidaksesuaian pada tahap pelepasan produk.


Pejabat yang bertanggung jawab:
Direktur Utama dan Manajer Produksi




Bab III
Rekomendasi

Hasil audit yang dilakukan menemukan beberapa kelemahan yang harus dilakukan menjadi perhatian manajemen dimasa yang akan datang. Kelemahan perusahaan tersebut adalah :
1.       Kelemahan pada pemantauan dan pengukuran produk perusahaan tidak memiliki catatan wewenang pelepasan produk.

Atas keseluruhan kelemahan yang terjadi, maka diberikan rekomendasi sebagai koreksi atau langkah perbaikan yang bisa diambil manajemen untuk memperbaiki kelemahan tersebut.

            Rekomendasi :
1.       Perusahaan diharapkan memenuhi persyaratan yang diberikan pelanggan karena semakin tinggi kemampuan untuk memenuhi harapan atau kegiatan pelanggan, semakin tinggi pula potensi perusahaan untuk mendapatkan laba yang lebih besar, pasar yang lebih luas, pertumbuhan dan perkembangan usaha yang signifikan.
2.       Validasi desain dan pengembangan harus dilakukan sesuai dengan pengaturan yang telah direncanakan untuk memastikan produk yang dihasilkan memiliki kemampuan memenuhi persyaratan. Bila mungkin, validasi harus diselesaikan sebelum penyerahan atau penerapan produk tersebut.
3.       Perusahaan disarankan agar segera melakukan tindakan koreksi terhadap hasil yang tidak sesuai karena jika menunggu formulir ketidaksesuaian akan  memberikan renggang waktu yang akan memberikan dampak kurang efektivitas dalam proses produksi.
4.       Pada catatan personel yang memiliki wewenang dalam pelepasan produk seharusnya direkam secara berkala agar dapat menelusuri masalah dengan mudah jika terjadi ketidaksesuaian pada tahap pelepasan produk.
Keputusan untuk melakukan perbaikan atas kelemahan ini sepenuhnya ada pada manajemen, tetapi jika kelemahan ini tidak segera diperbaiki kami mengkhawatirkan terjadi akibat yang lebih buruk pada pengelolaan piutang perusahaan dimasa yang akan datang.



Bab IV
Ruang Lingkup Audit


Sesuai dengan penugasan yang kami terima, audit yang kami lakukan hanya meliputi masalah Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 pada PT.XXX untuk periode 2015. Audit kami mencakup penilaian atas kecakupan sistem pengendalian manajemen kualitas, manajemen produksi dan aktivitas penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001 itu sendiri.