Kamis, 19 Februari 2015

Agen: Permintaan Elpiji 3 Kg Melonjak


Liputan6.com, Jakarta Pasokan elpiji 3 kilogram (kg) sempat dikabarkan mengalami kelangkaan beberapa hari belakangan ini. Kelangkaan ini ternyata rata-rata terjadi pada tingkat pengecer.

Namun, Mukti pemilik agen elpiji 3 kg PT Hikmah Putra Utama, Jalan Bangka Jakarta Selatan membantah hal tersebut. Menurut dia, tidak ada kelangkaan elpiji yang terjadi akhir-akhir ini.
"Kalau di tempat saya biasa saja, tidak langka dan tidak ada gangguan," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Meski demikian, dia tidak menampik jika terjadi kekurangan pada tingkat pengecer, namun hal tersebut bukan berarti elpiji warna hijau ini langka.

"Kan ke pengecer sudah dijatah, tetapi mereka (pengecer) minta tambah karena permintaannya juga meningkat, jadi mungkin itu alasannya kadang disebut langka. Padahal tidak terjadi kelangkaan sama sekali," lanjutnya.

Mukti mengatakan, memang sering pengecer meminta tambahan pasokan elpiji 3 kg per harinya, namun dirinya tidak bisa memberikan karena pasokan yang dia terima dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE) tidak bisa ditambah.
"Misalnya jatah pengecer itu hanya 100 tabung per hari, kemudian dia minta 200 tabung, ya saya tidak bisa sanggupi, karena harus disesuaikan kontraknya," katanya.

Selain itu, Mukti menjelaskan, terjadi jika memang terjadi kesulitan pasokan di wilayah tertentu bisa disebabkan karena adanya perubahan sistem pemasokan menjadi sistem rayon. Dengan sistem ini, agen resmi pada setiap wilayah hanya boleh memasok ke pengecer diwilayah tersebut saja dan tidak boleh ke pengecer di wilayah lain.

"Misalnya kalau dulu dari wilayah Jakarta Selatan boleh memasok ke pengecer di Jakarta Timur, sekarang sudah tidak boleh lagi. Mungkin pengecer ada yang belum tahu sistem itu, jadi pasokan berkurang," jelasnya.

Hingga saat ini diakui Mukti agen miliknya mendapat pasokan sekitar 3 truk-4 truk per hari dari SPBE Ciputat, di mana masing-masing truk memiliki kapasitas 560 tabung elpiji 3 kg.

"Yang jelas didaerah sini pasokannya masih lancar-lancar saja, harga pun masih stabil, saya jual ke pengecer masih Rp 13 ribu per tabung," tandasnya.

 http://bisnis.liputan6.com/read/2032020/agen-permintaan-elpiji-3-kg-melonjak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar